Entri Populer

Kamis, 26 Februari 2009

pengolahan sampah

Kenapa Harus Ada Pengolahan Sampah??

Saat ini hampir 15 ton sampah dihasilkan oleh bumi dalam 1 hari. Sebagian sampah tersebut merupakan sampah basah/organik. Sebenarnya dari sampah-sampah tersebut bisa dihasilkan sesuatu yang lebih berguna, seperti: Kompos,Kerajinan tangan. Saat ini sebenarnya mulai digalakkan program daur ulang sampah, tetapi kurangnya respon masyarakat menyebabkan tidak maksimalnya kegiatan tersebut.

Padahal jika kita mengelola sampah dengan baik kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu menghemat lahan TPA (Tempat pembuangan Akhir), dan juga mendapatkan lingkungan yang asri sehat dan bersih.

Lain halnya jika kita tidak mengelola sampah dengan baik,maka dampaknya akan menjadi fatal.Dampak bagi kesehatan adalah timbulnya penyakit diare, kolera, tifus,dan juga demam berdarah. Ada juga dampak bagi lingkungan, lingkungan menjadi bau dan menjadi tidak nyaman, juga bila sampah tersebut dibuang ke sungai /saluran air dapat menyebabkan banjir.

Oleh karena itu sampah harus kita kelola dengan baik agar lingkungan menjadi lebih sehat. Dan bila kita melakukan pengelolaan sampah kita juga bisa ikut mencegah global warming.


Oleh:Andrew. 7E/3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar