Entri Populer

Rabu, 25 Februari 2009

pelatihan motivator sahabt air di PPLH

“ Pelatihan Motivator Sahabat Air”
Perum jasa tirta 1 Surabaya dan
Pusat Pelatihan Lingkungan Hidup seloliman
23-24 juni 2008, Surabaya-Trawas, Jawa Timur


pada hari pertama pelatihan motivator sahabat air yang diselenggarakan oleh Ecoton (lembga kajian sumber daya lahan basah ) ,kami Pandyapratita, Viqi Vinsensius J.S.T, dan Ika Ningrum mewakili SMP Santa Maria Surabaya bersama 8 sekolah lainnya memulai pelatihan yang bertempat di gedung Jasa Tirta 1 tepatnya jalan rolak Surabaya

pertama tama kami dikumpulkan di suatu ruangan. Kami di bagi menjadi tiga tim dan masing masing dijelaskantim diberi materi, tim pertama: tentang wc terapung,tim kedua: biota di kali Surabaya dan tim ketiga: jumlah pencari cacing di kali Surabaya. Juga semua tentang jasa tirta dan PDAM juga titik titik air di jawa timur Dam di jawa timur, dasar dasar ecoton, dan misi misi ecoton (penyelenggara) telah . Setelah mengerti kami diajak naik kapal motor. Menyusuri kali Surabaya lewat jalur laut kami singgah sebentar di kambangan diajak meneliti biota biota laut dengan cara dijaring dengan jaring dari tim ecoton.
Kami juga mencatat jumlah pencari cacing dan jumlah Wc terapung di sekitar bantaran kali Surabaya. Setelah kami sampai di PT Surya Agung Kertas kami meneliti kadar air yang terkandung disekitar tempat dibuangnya limbah dari PT Surya Agung Kertas.
Setelah kira kira hampir empat jam kami melanjutkan perjalanan ke PPLH dengan menggunakan Bis. Perjalanan kira kira 2 jamkami sampai di PPLH. Pertama tama kami semua dijelaskan tentang aturan aturan di PPLH lalu kami diajak menyusuri air terjun di PPLH

malam harinya kami diajak sharing tentang apa saja yang telah kita perbuat kepada alam ini temankami dari ciputra mereka mengatakan bahwa dia berpuasa agar di bayar dan uang tersebut digunakan untuk kemajuan dunia lingkungan hidup. Teman kami dari SMA negeri mengatakan bahwa tim nya pernah menindak lanjuti perilaku PDAM kepada pihak yang berwajib. Sungguh mengejutkan bukan !!.

perjalanan kami di PPLH ini tidak hanya sampai disini. keesokan harinya saya dan para cowok cowok memutuskan bangun jam 3 pagi untuk pergi ke air terjun sendirian. Saya bersama teman teman dari sekolah lain menyusuri rute yang sebelumnya belum pernah kami lewati sebelumnya jadi kami hampir tersesat namun karena kami semua bondho nekat kami pun enjoy enjoy saja jalan sambil ngobrol. Di tengah perjalanan salah satu anggota dari tim Ecoton datang bermaksud juga mau main air di air terjun jadi kami semua berjalan bersama sama.

sesampainya di air terjun seperti biasa copot baju dan byurr kami turun ke sungai kecil anak dari air terjun itu. Setelah itu kami bersiap siap kembali ke PPLH. Kami membersihkan diri terlebih dahulu untuk kemudian makan pagi pada Pk 08.00 wib. Setelah makan kami diberi tugas yaitu “membangun mimpi “ dimana setiap sekolah Merancang kali Surabaya puluhan tahun lagi akan jadi apa. Juga kami disuruh membuat poster tentang lingkungan hidup yaitu ekosistem alam yang rusak yang kemudian akan dibenahi. Lalu membuat suatu pertunjukan dimana setiap tim harus memperagakan apa yang sudah diamati di Kali Surabaya tadi: yang wc terapung ya drama tentang wc terapung Dsb sesuai kesepakatan kelompok.


nah kebetulan saya membuat drama tentang wc terapung ceritanya tentang limbah limbah pabrik yang mencemari kali Surabaya. Usai acara tersebut kami berkemas kemas dan jalan ke joglo tempat kami tidur untuk berbernah dan kami bersiap siap pulang. Kira kira perjalanan selama 2 jam kami tiba di Perum Jasa tita 1 dan menunggu dijemput oleh orang tua kami masing masing. Itulah semua acara pada pelatihan yang saya ikuti terimakasih kepada Pembina dan sekolah yang telah memberi kesempatan saya untuk ikut acara tersebut dan juga kepada tim ecoton yang membimbing kami dalam rangkaian acara tersebut. Saya ucapkan juga terimakasih kepada semua yang telah membantu terlaksananya acara tersebut yang tidak dapat saya ucapkan satu persatu

Terima kasih God Bless you all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar